Blog Dunia

Inilah Dunia

Indonesia Rawan Ancaman Hacker,  Saatnya Kita Sadar Bahayanya!

By on November 13, 2017

 

Indonesia Cyber Security – Sebagian waktu yang lalu, Dunia sempat dihebohkan dengan serangan cyber virus ransomware bernama Wannacry yang menyerang berjenis-jenis perangkat komputerisasi. Indonesia bahkan tidak luput dari serangan cyber ini, karenanya dari itu Kementerian Komunikasi dan Informatika (KEMENKOMINFO) mendesak untuk lahirnya sebuah Badan Siber, sekalian Sandi Negara yang secara khusus untuk melindungi kedaulatan negara dari hal hal semacam ini.

 

Tapi sayangnya, sebuah penelitian yang dilaksanakan oleh Communication and Information System Security Research Center (CISSRec) di Sembilan kota besar Indonesia memperlihatkan sebuah hasil yang diluar dugaan.

 

Dari hasil penelitian hal yang demikian dikenal bahwa beberapa besar masyarakat di kota besar yang sudah melek komputerisasi, masih amat minim kesadaran untuk melaksanakan pengamanan pada tiap aset pribadi mereka yang terkoneksi secara cyber.

 

Dan Dari hasil hal yang demikian pula dikenal bahwa dikala ini masyarakat Indonesia secara lazim masih ogah memberikan pengamanan cyber secara personal. Menurut ini dapat terjadi sebab beberapa besar masyarakat Indonesia masih belum menikmati segera imbas dari serangan cyber hal yang demikian, maupun belum menerima sosialisasi yang pantas dari Pemerintah perihal hal ini.

 

Setidaknya, dari penelitian hal yang demikian ditemukan sebagian fakta menarik, berikut ialah data lengkapnya:

 

• 57% responden masih belum yakin dengan keamanan dari SMS banking maupun dunia maya banking di Indonesia

• 43% responden informasi lapangan telah yakin dengan keamanan dari SMS banking atau dunia maya banking di Indonesia

• 66% responden masih belum merasa aman dengan e-commerce di Indonesia

• 34% responden merasa telah aman dengan e-commerce Indonesia

• 74% responden menyadari bahwa memasukkan data pribadi secara online bisa mengganggu privasi

• 13% responden mengatakan bahwa memasukkan data pribadi secara online tak permasalahan

• 13% lainnya justru menyuarakan tak tahu bahayanya.

• 75% responden mengaku tak pernah menjadi korban peretasan

• 19% responden pernah menjadi korban peretasan

• 81% responden menganggap privasi sangatlah penting

• 4% responden menganggap bahwa privasi tak penting

• 14% responden masih belum memahami apakah privasi penting atau tak

 

Dari sebagian data diatas, nampak bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memahami alangkah pentingnya data privasi mereka di dunia komputerisasi.  hal ini pula, karenanya Pemerintah patut secara tegas menunjang banyak industri yang menerapkan metode berita elektronik untuk melek dan sadar akan pentingnya keamanan cyber bagi sistemnya hal yang demikian.

 

Dengan demikian ini karenanya secara tak segera juga bisa meningkatkan berjenis-jenis kesibukan ekonomi masyarakat yang ada di Indonesia.

 

Untuk menerima berita tambahan sekalian detil perihal keamanan cyber ini, karenanya diadakanlah Indonesia Cyber Security Summit, Cyber Security Indonesia 2017. Di event kali ini akan mengajak publik Indonesia bagus bagi perusahaan maupun pribadi untuk lebih dekat dengan “apa itu pengamanan siber” serta berjenis-jenis perangkat pengamanan siber itu sendiri.

 

Jadi bagi Anda yang mau memberikan proteksi lebih pada metode Anda,  jangan lupa mengunjungi Indonesia Cyber Security Summit, Cyber Security Indonesia 2017 yang akan diadakan di Jakarta Convention Centre pada tanggal 6-7 Desember 2017.


Leave a Reply

Your email address will not be published.